HAJI ITU ARAFAH

Bagikan :

Semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang melaksanakan Wukuf di Arafah, menjadi insan-insan yang kembali kepada RabbNya, Allah, Rabb yang tidak ada sekutu selainNya. Dia yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan yang tak kan mampu dituliskan meski dengan sebanyak tinta 7 samudra dari 7 galaksi.

Dibagian dunia yang lain saudara-saudara kita mulai melaksanakan Puasa Arafah, mengikuti fatwa Ulama 8 Juli dan sebagian yang lain akan melaksanakan Puasa Arafah mengikuti fatwa Ulama 9 Juli. Perbedaan ini adalah warisan Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam. Perbedaan yang jangan pernah diartikan sebagai perpecahan.

Karena Allah ‘Azza wa Jalla menciptakan segala sesuatu penuh dengan perbedaan. Tak ada satupun manusia yang tidak memiliki perbedaan, meski terlahir dari rahim dan waktu yang sama. Perbedaan dalam hal cabang menjadi bukti dari kebenaran dan keberkahan risalah yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, Al Islam.
Semoga keberkahan selalu tercurah untuk semua umat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, barakallahu fiikum jami’an.

Tapi saat ini kita dapati, keadaan umat ini begitu menyedihkan, lemah dan terpecah belah. Umat ini sebagaimana yang diperumpamakan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “..seperti buih di atas air. Dan Allah mencabut rasa takut musuh-musuhmu terhadap kalian..”. Jika kita melihat ada saudara kita yang dizalimi, jangan pernah kita merasa aman, jangan diam, berbuatlah meski itu hanya sebatas doa.

Ya Allah Ya Ahad Ya Bashir Ya Sami’ Innaka ta’lam maa laa a’lam..di hari yang penuh keberkahan ini ya Rabb, kami yang kurang taat padaMu, kami yang kurang sabar dan syukur atas segala ujian dariMu, kami yang sering lalai kepadaMu, kami yang sungguh tak pantas atas SurgaMu, tapi juga tak sanggup dengan nerakaMu..ampunilah dosa2 kami ya Rabb, ampunilah dosa2 kedua orang tua kami ya Rabb, ampunilah dosa2 saudara2 kami ya Rabb..
Sampaikan salam dan shalawat kami kepada kekasihMu, NabiMu yang kami cintai, RasulMu yang kami rindukan, Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam dan seluruh keluarganya..

Ya Rabb, dihari-hari yang Engkau cintai ini, sembuhkanlah kami dari penyakit wahn(cinta dunia) ya Rabb, jadikan lah persatuan diantara hati-hati orang yang beriman, hati-hati umat Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, kumpulkan kami semua dalam iman, sebagaimana Engkau kumpulkan hamba2Mu di padang Arafah pada hari ini, tunjukilah kami jalanMu yang lurus, jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat Iman dan Islam bukan jalan orang2 yang Engkau murkai lagi sesat, wa shalallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa ‘ala aalihi ajma’in, walhamdulillahi rabbil ‘alamiin.